fauziafirdaus.blogspot.com

Jumat, 21 Oktober 2011

GERAJI dihatiku :*


Sebelumnya, aku kenalin dulu sama GERAJI. Itu nama kelasku dulu, sekarang, dan esok. Nggak akan berubah, kelasku ya GERAJI, nggak ada lagi. GERAJI itu sendiri singkatan dari GERAKAN AREK IPA 1. Yah, XI IPA 1. Kelas paling paling paling paling paling dari segalanya paling. Kerennya lagi, bukan Cuma muridnya aja tapi wali kelasnya juga kompak, yaitu bunda Eny tersayang. Cuma IPA 1 yang dapet gelar “ter” dihidupku. Kenapa aku bisa bilang kayak gini???? Inilah awalnya, cekidot....
Awal masuk tahun ajaran baru, aku naik ke kelas XI. Aku kecewa, kenapa kelasnya diacak lagi. padahal aku uda nyaman banget sama kelas X ku yang lalu. Banyak anak yang nggak ku kenal. Cuma yasmin, sela, dan beberapa lainnya. Itu aja aku nggak terlalu deket sama mereka. akhirnya aku memutuskan sebangku dengan yasmin. Awlanya aku diem, yasmin diem. Ya namanya juga gak deket, padahal yasmin dulu temen sekelasku kelas X. Kok anaknya gini yaa(dalam hati). Kok ngeblok banget. Nggak bisa membaur. Kayak dewe-dewe gitu wes. “duh min kok gini banget se kelas e??”, ceritaku sama yasmin. “iya i, enakan kelas X kemarin  ya. Ngapain diacak se kelas e?? Kan uda nyaman sama kelas yang lama” jelas yasmin.
Oke aku nggak terlalu memperdulikan, mungkin ini hanya masalah waktu saja. Karena belum kenal, ya makannya jadi ngumpul dewe-dewe belum bisa membaur. Hari terus berjalan, bukan makin membaur tapi malah makin ngeblok. Haduu kelas kok kayak gini. Gimana mau belajar lek malah kayak gini. Puncaknya pas pembagian kelompok drama. Namanya kelas itu nggak layak disebut kelas, labih pantes disebut arena sindir-sindiran dan tampar-tamparan. Kenapa bisa gitu, soalnya baris sana nyindir baris sini. Kelompok drama 1 ngusir kelompok drama 2, dan seterusnya. Perang status di facebook dan twitter. Beh, semakin memanas pokoknya. Sampe kelas ini itu dapet predikat kelas paling kacau diantara kelas IPA lainnya. Gimana nggak paling kacau, wong setiap pulang sekolah ada aja yang nangis dan badmood.
Pernah waktu itu, disebarin angket masalah diacak atau tidaknya kelas ini nanti pas semester II dan kesannya selama dikelas ini. Ya Allah, komennya mantep dan mekjleb jleb jleb!! Ada yang nulis “kelas ini anaknya suka nggede-nggedin masalah, masalah kecil jadi besar” dan sebagainya yang nusuk banget. Komen yang nusuk kayak gitu gak Cuma satu, tapi banyak dan intinya sama, NGGAK NYAMAN SAMA KELAS INI!! Kebetulan yang terakhir ngumpulin itu anak cowok, dan itu dibaca sama mereka entah sengaja atau tidak. Jelas dong mereka yang nggak ngerasa kayak gitu tersinggung berat sampe dipajang tu angket didepan kelas. Berharap yang nulis itu ngaku dan malu uda nulis kayak gitu. Bener-bener nggak pantes disebut kelas. Ini kelas apa ruang DPR yang mesti ada beda pendapat dan harus tengkar. Allah... aku nggak kuat kalo kayak gini terus. Harus bertahan sampe kapan kayak gini terus??
Hari terus berjalan, minggu berganti bulan. Dan entah apa yang membuat kami-kita jadi bersatu dan kompak kayak gini. Nggak ada lagi yang namanya tengkar, tampar-tamparan, sindir-sindiran, perang status atau apalah yang lainnya. Yang ada hanya KITA SATU rek. Nggak ada yang berbeda diantara kita. dimarahi bareng, nangis bareng, ketawa bareng, nakal bareng, nyontek bareng, sampe nggak suka sama guru juga kita bareng rek. Inget semua itu kan rek?? Jangan pernah lupa sama semuuuuuuaaaa yang udah pernah kita lakuin bareng di ruang pojok yang didepan berlebelkan XI IPA 1. Kalo timnas bilang garuda didadaku, kita bilang GERAJI DIHATIKU. Boleh dibilang kita ini kelas peralihan antara IPA dan IPS. Kalo kelas IPA, kita nggak sediem dan nggak serajin kelas IPA lainnya. Kalo IPS, kita nggak serame IPS.
Yang ada dalam pikiranku Cuma, kalian bukan temenku tapi keluarga kecilku rek. Nggak ada jaim-jaiman diantara kita. mulai dari yang pendiem jadi rame sampe yang rame tambah rame, ya Cuma ada disini, ruang ini, kelas ini, GERAJI. Cuma disini aku bisa ngerasain masa SMA yang sebenarnya. Saat aku menganggap peraturan ada untuk dilanggar. Ya disini dikelas ini aku bisa merasakan kenikmatan melanggar peraturan yang ada. Berapa kali kita ditinggal guru gara-gara kita gak bisa diem dan gak bisa diatur. Ulangan sejarah satu kelas jwabannya sama, salahnya sama, dan yang paling parah nilai kita sama 56 gimana nggak sama, ulangan jawabannya ditulis dipapan. Waw! Dan Cuma dikelas ini aku bisa ulangtahun setiap hari selasa, kamis, dan sabtu. Pasti digembyor. Entah pake air kran, atau ikut kegambyor anak-anak yang ulangtahun beneran.
Kalian inget rek, dulu kita selalu bilang “aku pengen pindah tutuk kelas iki”. Sekarang yang ada Cuma penyesalan “kenapa kelas XII harus diacak lagi kelasnya, aku kangen GERAJI”.

4 komentar: